Bacaan Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya

Bacaan Sholawat Jibril Arab Latin dan Artinya

Sholawat Jibril diamalkan untuk mendapatkan kelancaran Rezeki dan membuka pintu Rezeki.

Membaca Sholawat untuk nabi, memiliki maksud mendoakan atau memohonkan berkah terhadap Allah Swt, untuk nabi dengan ucapan, pernyataan serta pengharapan, semoga dia (nabi) sejahtera (mujur, tak kurang suatu apapun, keadaannya tetap baik dan sehat).

Shalawat Jibril https://www.fappin.com/cara-mengamalkan-sholawat-jibril/ ini disebut shalawat Jibril karena yang pertama melafadhkan shalawat ini yakni Malaikat Jibril dikala beliau memberikan pendidikan terhadap Nabi Adam AS.

Dikala Nabi Adam akan mengontrol Siti Hawa namun tak diizinkan oleh Allah SWT karena belum halal dan Nabi Adam diwajibkan membayar mahar.

Segera Nabi Adam bertanya terhadap Allah SWT :

“Supaya Maharnya Tuhanku ?” tanya Nabi Adam.

Allah SWT lalu berfirman berfirman “صل الله على حبيب محمد ” Bacalah Shalawat terhadap kekasihku Muhammad.

Lalu malaikat Jibril mendekati Nabi Adam dan membisiki Nabi Adam, katakan Nabi Adam : صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد Shollallohu A’la Muhammad.

Dari cerita diatas bisa kita ketahui bahwa Shalawat Jibril ini sangatlah singkat yakni : صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد Shollallohu A’la Muhammad atau صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد Shollallohu A’la Sayyidina Muhammad.

Imam Sya’roni dalam kitab at-Thobaqotul Kubro berkata “Siapa yang membaca shalawat ini (shalawat Jibril) maka dia sudah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya dan Allah SWT akan menyimpan rasa cinta ke dalam hati para manusia kepadanya.”

Para ulama menyimpulkan bahwa faidah shalawat jibril ini amat banyak, diantaranya yakni :

  1. Dikasih dicintai oleh tiap orang
  2. Memiliki rezeki yang berlimpah oleh Allah SWT
  3. Selalu banyak pengikut
  4. Sistem diberikan keselamatan atau diberikan perlindungan oleh Allah SWT
  5. Lebih mendekatkan kita terhadap Rasulullah SAW supaya kelak kita menerima syafaat Rasulullah SAW

Bagaimana Sistem Mengamalkan Shalawat Jibril ini ?

Salah seorang ulama berkata bahwa supaya banyak pengikut, banyak karyawan dan seluruh urusan lancar maka disarankan untuk membaca shalawat ini sebanyak 1000 kali setelah sholat maghrib.

Sistem membacanya yakni diawali dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim sebanyak 7 kali dengan membendung nafas, Astaghfirullahal ‘Adzhim sebanyak 7 kali dengan membendung nafas baru baca صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد Shollallohu A’la Muhammad sebanyak 1000 kali.

Ada juga ulama yang mengijazahkan lebih gampang yakni cukup membaca صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد Shollallohu A’la Muhammad sebanyak 100 kali saja tiap selesai sholat maghrib.

didahului dengan membaca penggalan surat Al-Ahzab ayat 56 berikut :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Insyaallah seluruh hajat dan keperluan kita akan terkabul dengan wasilah bershalawat terhadap Rasulullah SAW dengan barakah shalawat Jibril ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *