Doa Untuk Orang yang Mau Bepergian

Doa Untuk Orang yang Mau Bepergian

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa safar atau berpergian merupakan bagian dari ‘adzab (siksaan).

Karena dalam safar kita menghadapi pelbagai kesulitan, letih, panas, ngantuk dan perasaan tidak sedap yang lainnya.

Maka dari itu kita diajari untuk banyak berdoa dikala melaksanakan berpergian.

Teman, bila ada anggota keluarga kita yang akan pergi meninggalkan rumah untuk bekerja atau pergi ke suatu tempat, biasanya kita akan dengan refleks mengungkapkan selamat jalan, goodbye, dadah, sampai jumpa, dan lain-lain.

Rupanya dalam Bahasa Arab, ada kata yang sebanding malahan jauh lebih bagus artinya diperbandingkan selamat jalan, merupakan fii amanillah.

Kenapa kita sebaiknya mengatakan fii amanillah ketimbang hati-hati pada orang yang akan bepergian? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini

Islam menawarkan substitusi yang lebih bagus bagi kita dikala mengungkapkan dikala akan berpisah merupakan fii amanillah yang artinya (semoga engkau) dalam lindungan Allah.

Hal ini yang memperlihatkan rasa peduli kita dikala saudara atau anggota keluarga kita akan pergi dengan mengungkapkan fii amanillah, artinya kita juga sedang mendoakannya, agar dikala dalam perjalanan dia senantiasa dilindungi Allah Subhanahu wa ta’ala

Baca Juga : Jasa Pelet

Perlindungan yang Allah berikan pada hamba-Nya berupa perlindungan dari musibah, dari sakit atau hal buruk lainnya.

Islam memperlihatkan budaya yang saling mencintai sesama muslim, berdoa bagi keselamatan orang yang kita sayangi, tentu lebih tinggi nilainya diperbandingkan hanya mengatakan dadah, selamat jalan, sampai jumpa, dan lainnya.

baca juga : Doa Pelet

Perkataan fii amanillah ini, bukan sekedar perkataan ikut-ikutan, yang mau nampak arab-araban. Namun kita melakukannya atas dasar kepahaman, atas dasar keagungan Allah Swt Yang Maha Melindungi hamba-Nya.

Karena makna yang terkandung di dalamnya bukan hanya sekedar ucapan untuk mengakhiri pertemuan, melainkan juga mendoakan saudara kita agar dikasih perlindungan oleh Allah.

Islam mengajari kita untuk senantiasa berdoa, dikala akan melaksanakan sesuatu, mohon pada Allah, kebaikan bagi yang memberi doa, perlindungan bagi saudara yang berpergian, kedamaian, keselamatan, dan berkah untuk saudara muslim yang ditemui.

Doa yang kita panjatkan merupakan bukti cinta kita pada saudara kita.

Mari kita budayakan kata-kata dan juga doa-doa terbaik untuk saudara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *